Perbedaan Pasar Uang & Pasar Modal

Pasar uang dengan pasar modal sebenarnya memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan tersebut untuk memperjelas fungsi dan manfaat dari kedua pasar tersebut. Perbedaan pasar uang dan pasar modal dapat anda lihat seperti berikut ini :

Menurut jangka waktunya maka perbedaan produk pasar uang bersifat jangka pendek kurang dari 270 hari dengan produk utama sertifikat deposito, tabungan, SBI, dan commercial Paper. Pasar modal bersifat jangka panjang dengan produk obligasi, reksa dana dan saham.

Menurut produk yang dihasilkan dari kedua pasar tersebut berbeda dalam hal return dan resikonya, Pasar uang resiko nya rendah dengan return yang rendah, sedangkan pasar modal resikonya tinggi dengan return yang tinggi pula.

Menurut otoritasnya maka otoritas tertinggi pasar uang adalah BI, sedangkan Pasar Modal adalah Departemen Keuangan. Selain itu pasar modal memliki pasar sekunder, sedangkan pasar uang tidak selalu ada.

Perbedaan lainnya adalah pasar uang ada diantara bank, sedangkan pasar modal terjadi di bursa efek. Pasar modal memiliki produk turunan opsi, warrant, dan right, sedangkan pasar uang hanya memiliki turunan produk reksa dana.

Posted from WordPress for Android

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s